Legislator Gerindra Minta Pengelola Mal Ketatkan Prokes

Rahmat Mirzani Djausal/ RMOLLampung
Rahmat Mirzani Djausal/ RMOLLampung

Sekretaris Komisi V DPRD Lampung Rahmat Mirzani Djausal, meminta pusat perbelanjaan di Lampung agar lebih mengencangkan protokol kesehatan (Prokes) guna memutus penularan virus Covid-19.

"Iya memang saat ini banyak pusat perbelanjaan yang buka sehingga banyaknya masyarakat yang berkerumun dan akhirnya terpapar virus corona di mal. Maka itu harus ditingkatkan lagi prokesnya jangan sampai lengah dan harus ada kesadaran diri sendiri juga," kata Mirza, sapaannya, Selasa (22/9).

Politisi Gerindra ini mengatakan, mal rata-rata sudah banyak yang menerapkan prokes. Tetapi mal juga harus lebih intensif dalam melakukan pencegahan bukan hanya di pintu masuk, tapi di seluruh lingkungan mal.

"Bisa saja pengunjung masuk pakai masker, nah dia nakal dan membuka maskernya. Itu yang seharusnya dijaga dan diingatkan oleh pihak mal agar pengunjung yang datang patuh akan prokes, jangan hanya di pintu masuk dan keluar," ucapnya, Selasa (22/9).

Di seluruh mal kan ada cctv, ada satpam, sehingga harus memantau dan mengurangi kapasitas maksimal pengunjung yang datang baik di tempat makan, tempat belanja.

Kemudian, masyarakat juga punya fungsi yang sama untuk membantu menekan tingkat penyebaran virus.

“Jadi berdiam diri di rumah sudah sangat membantu program pemerintah ini. Tapi, yang terpenting, masyarakat tidak perlu panik,” jelasnya.