Lima Menteri Ini Disebut-sebut Akan Diganti

Ilustrasi Jokowi-Maruf Amin/RMOLLampung
Ilustrasi Jokowi-Maruf Amin/RMOLLampung

Kepemimpinan Presiden Joko Widodo bersama dengan Wakil Presiden Maruf Amin telah genap berusia setahun.


Isu perombakan kabinet pun menyeruak, terlebih presiden kerap meluapkan kemarahan kepada para menterinya.

Aktivis Petisi ’28, Haris Rusly Moti pun mengaku telah mendapat bocoran akan ada sejumlah menteri yang akan dipecat dari Kabinet Indonesia Maju.

“Sobat, bocoran Doekoen, ada 5 hingga 7 menteri yang akan dipecat dari kabinet,” ujarnya lewat akun Twitter pribadi, Selasa (27/10).

Adapun lima nama yang disebut mantan Ketua Umum Partai Rakyat Demokratik (PRD) itu.

Nama pertama adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menteri Budi bukan dipecat, melainkan mengundurkan diri karena sakit yang diderita.

Lalu ada nama Menteri Agama Fachrul Razi yang oleh Haris Rusli Moty disebut akan dikeluarkan karena berselisih dengan Menko Marves Luhut Pandjaitan.

Kemudian ada Menteri Sosial Juliari Batubara karena masalah penyaluran bansos. Sedangkan dua nama terakhir adalah Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Halim Iskandar dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendibud) Nadiem Makarim.

“1. Menhub, Budi Karya (mengundurkan diri, sakit). 2. Menag, Fahrur Rozi (berantam dengan LBP), 3. Mensos Juliari Batubara (masalah Bansos). 4. Menteri PDTT, Halim Iskandar. 5. Mendiknas, Nadiem Makarim,” begitu urainya.