Lima Puskesmas di Bandar Lampung Telah Inklusi

Layanan inklusi di Puskesmas Pasar Ambon/Tuti
Layanan inklusi di Puskesmas Pasar Ambon/Tuti

Sejumlah puskesmas di Kota Bandar Lampung telah menyediakan layanan inklusi khususnya dalam fasilitas air, sanitasi, dan kebersihan lingkungan. Puskesmas tersebut seperti Pasar Ambon, Kemiling, Kedaton, Kota Karang dan Panjang.


Kepala Puskesmas Pasar Ambon, dr Desmayanti Bahri mengatakan dengan adanya program wash dari YKWS, pihaknya terdorong untuk menyediakan layanan inklusi di puskesmas. 

"Kami sebelumnya sudah menyediakan layanan inklusi namun belum maksimal. Sehingga dengan program ini menjadi lebih maksimal," kata dr Desmayanti Bahri, Kamis (21/7). 

Layanan inklusi yang telah disediakan di Puskesmas Pasar Ambon yakni pelebaran pintu toilet agar kursi roda bisa masuk, penambahan bidang miring, pegangan, rambatan, kaca, pembalut, toilet duduk, dan tempat sampah. 

"Kami akan berusaha memberikan pelayanan terbaik yang bisa diakses oleh semua pihak," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kemiling, Hany Musliha mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk layanan inklusi. Saat ini masih proses rehabilitasi fasilitas toilet. 

"Diperkirakan berakhir program maka perbaikan toilet juga akan selesai. Sehingga diharapkan mutu pelayanan terus meningkat," jelasnya. 

Warga sekitar, Eka mengaku lebih nyaman dengan kondisi toilet puskesmas. Awalnya hanya ada pintu dan bidang miring dan saat ini telah lengkap. 

"Harapannya semua puskesmas di Kota Bandar Lampung bisa mencontoh lima puskesmas itu," ujarnya.