Lima SD Negeri di Gading Rejo Terima Bantuan Komputer

Ninuk Suryani/ Nurul Ikhwan
Ninuk Suryani/ Nurul Ikhwan

Lima SD Negeri di Kecamatan Gading Rejo Pringsewu mendapatkan bantuan komputer dari kementerian melalui Dinas Pendidikan. Total ada 67 unit komputer yang dibagikan ke SD penerima bantuan.


Rinciannya, 64 unit komputer dibagikan untuk SD 2 Gadingrejo, SD 1 Tambahrejo, SD 1 Wates Timur dan SD 2 Tulungagung, masing-masing mendapatkan 16 unit komputer bantuan. Sedangkan SD 1 Mataram mendapatkan bantuan 3 unit komputer.

Sebagai informasi, bantuan komputer yang diberikan adalah upaya mendukung program 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebagai pengganti program sebelumnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). ANBK adalah program penilaian terhadap mutu sekolah, madrasah dan program kesetaraan jenjang pendidikan tingkat dasar dan menengah.

Melalui program ini mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Kepala Sekolah SDN 1 Tambahrejo Ninuk Suryani saat ditemui di kantornya, Rabu (24/11) mengatakan, secara umum ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat.

Program ini berbeda dengan program UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah. Dalam pelaksanaannya, kata Ninuk, ANBK dikerjakan sejak siswa duduk di kelas 5 untuk SD, kelas 8 untuk SMP dan kelas 11 untuk SMA.

Meski demikian, Ninuk mengaku senang karena program ANBK di tingkat SD di Kecamatan Gading Rejo bisa berjalan walau dalam keterbatasan, sebab masih harus bergantian dengan SD lain yang belum mendapatkan bantuan komputer.

"Kami sebagai kepala sekolah merasa senang karena peserta ANBK sudah mulai berjalan walaupun baru beberapa SD saja yang mendapatkan bantuan komputer," katanya.

Terpisah, Ketua K3S Kecamatan Gadingrejo Ritono berharap kepada pemerintah agar semua SD bisa mendapatkan bantuan komputer sehingga di tahun depan dapat melaksanakan ANBK secara mandiri.

"Harapan kami bantuan komputer bisa diberikan ke seluruh SD agar pelaksanaan ANBK bisa dilakukan serentak seluruh sekolah secara mandiri," tutupnya.