Lodewijk F Paulus Apresiasi Kebhinekaan Di Lampung

Lodewijk F Paulus saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kelurahan Rawalaut, Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung/Ist
Lodewijk F Paulus saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kelurahan Rawalaut, Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung/Ist

Anggota DPR/MPR RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Lodewijk F Paulus melaksanakan silaturahmi sekaligus memberikan Pendidikan Politik Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Kelurahan Rawalaut, Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung, Jumat (28/5).

Sekretaris Jenderal Partai Golkar ini menyampaikan 4 Pilar Kebangsaan yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Keempatnya harus menjadi pedoman dan ditanamkan dalam jiwa setiap warga negara dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut Lodewijk, sebuah negara harus punya empat syarat, di antaranya, ada wilayah. Seperti Papua, ada tokoh Papua bernama Wenda yang mendeklarasikan menjadi Presiden, padahal dia tidak punya wilayah dan tinggal di luar negeri.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kelurahan Rawalaut, Kecamatan Enggal Kota Bandarlampung/Ist 

Kemudian, ada penduduk. Setelah ada penduduk kemudian ada kedaulatan. Kemudian diakui oleh negara lain.

Menurut Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar ini, Provinsi Lampung merupakan miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan agama. 

Dengan Kebhinekaan itu, Lodewijk pun mengapreasiasi masyarakat Lampung dari berbagai etnis yang bisa hidup berdampingan. 

"Kebhinekaan Indonesia perlu terus dipertahankan dan dirawat. Kita harus menjaga nilai-nilai budaya, adat dan ras. Karena itu Kebhinekaan perlu dirawat dan dijaga,” ujarnya.

Mantan Danjen Kopasus ini menambahkan, Konsep 4 Pilar Kebangsaan harus tetap kuat dan kokoh untuk menangkal berbagai bentuk ancaman dan gangguan, baik dari dalam maupun dari luar demi menjamin terwujudnya ketertiban, keamanan, kenyamanan, keadilan, serta kemakmuran dan kesejahteraan bagi semua warga negara.

Menurutnya, Indonesia hebat karena ada 4 pilar, dan kita harus optimis bahwa Indonesia akan menjadi negara kuat. Karena konsep ini merupakan warisan dari para pejuang bangsa yang telah mendahului kita.

Kegiatan ini, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, seluruh peserta memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan memakai sabun dengan air dan peserta juga dilakukan pengecekan suhu tubuhnya. 

Hadir dalam ini, Sekretaris DPD Partai Golkar Lampung Ismet Roni, Anggota DPRD Provinsi Lampung Supriyadi Hamzah, I Made Bagiasa, I Gede Jelantik dan Ali Imron. 

Selain itu, hadir juga jajaran Pengurus Golkar Lampung yakni, Wakil Ketua Abi Hasan Muan, Ismet Djaya Negara, Aprozi Alam. Juga, seluruh Anggota Fraksi Golkar DPRD Kota Bandarlampung Yuhadi, Benny HN Mansyur, Ali Wardana, Indrawan, Isfansa Mahani dan Heti Friskatati serta sejumlah tokoh agama dan masyarakat.