Mahasiswa Darmajaya Ciptakan Pengendali Fasilitas Rumah Berbasis IoT

Galang Trianada sedang mempraktekkan cara kerja ciptaan penelitiannya/ist
Galang Trianada sedang mempraktekkan cara kerja ciptaan penelitiannya/ist

Mahasiswa Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya menciptakan monitoring dan pengendalian fasilitas rumah hunian berbasis IoT (Internet of Things) dalam ujian akhir skripsi. 


Galang Triananda yang dibimbing Nurfiana membuat prototype monitoring dan pengendalian fasilitas rumah hunian berbasis IoT melalui smartphone. 

"Smartphone bukan hanya untuk chat maupun telepon, tetapi bisa menjadi monitoring dan pengendali alat perabotan atau fasilitas dalam rumah," kata Galang, Kamis (23/9). 

Menurutnya, melalui smartphone dapat mengontrol kelembapan suhu, mendeteksi kebocoran gas di rumah hingga membuka pintu garasi.

Dia menjelaskan sensor dht11 dapat digunakan untuk melakukan pengukuran kelembapan suhu. Sensor gas untuk mendeteksi kebocoran gas. 

"Sensor magnet mendeteksi saat pintu terbuka terdapat notifikasi yang muncul pada aplikasi blynk, motor servo atau pengatur pembuka garasi tanpa ada bantuan sensor, serta drift motor DC dapat menggerakkan kipas angin dan pintu," ujarnya. 

Lebih lanjut, Galang mengatakan dengan smartphone kegiatan rumah bisa menjadi praktis dan dapat dikendalikan mulai dari keamanan rumah makin terjaga, ramah lingkungan, dan hemat energi. 

Sementara, Ketua Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya, Nurfiana mengatakan selain keamanan, kenyamanan menjadi salah satu faktor terpenting penerapan smarthome. 

Rumah yang aman dari bahaya pencurian maupun kebakaran serta kemudahan mengendalikan dan memonitoring kondisi rumah beserta peralatan rumah tangga yang ada menjadi idaman penghuni. 

“Penelitian Galang diharapkan mampu menjadi solusi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan rumah,” jelasnya.