Mars Pendidikan Antikorupsi Ciptaan Wali Kota Eva Berawal dari Puisi Sambut KPK

Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Ist
Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana/Ist

Mars Pendidikan Anti Korupsi Kota Bandar Lampung yang diciptakan oleh Wali Kota Eva Dwiana, berawal dari permintaan pembuatan puisi. 


Saat itu, ia diminta untuk membacanya puisi pada sambutan pembukaan Roadshow Bus KPK di Transmart. Ia pun membuat dan meminta pendapat atas puisi itu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandar Lampung. 

"Bunda minta pendapatnya bagus atau enggak, katanya bagus bunda. Puisinya enggak dipulangkan, tahu-tahu sudah jadi aransemen lagu dari puisi itu," kata Bunda Eva sapaan akrab Eva Dwiana di Tugu Adipura, Minggu (25/9). 

Ia merasa cukup terharu puisi karyanya sendiri dibuatkan aransemen. Bahkan dijadikan Mars Pendidikan Antikorupsi Kota Bandar Lampung. 

"Kalau bunda sih terserah saja ya lagu tersebut akan didengarkan dimana, mau di stel di setiap sekolah atau seperti apa," ujarnya. 

Lebih lanjut, Bunda Eva mengaku sering menulis untuk mencurahkan isi hati. Biasanya saat ingat almarhum anaknya, ia menulis lalu disimpan atau dirobek. 

"Curahan hati kecewa, bahagia itu kadang bunda simpan. Kebanyakan juga dirobek, karena rahasia hati hanya hati yang tahu," jelasnya.

Berikut ini lirik Mars Pendidikan Antikorupsi Kota Bandar Lampung

Langkahkan kaki kita bersama

Bergerak menuju kejayaan

Genggam erat jalin persaudaraan 

Bersama hindari korupsi

Mari kita berjuang demi negeri

Negeri kita tercinta

Bebaskan negeri kita dari korupsi dan kolusi

Kita ciptakan generasi prestasi bersama anak negeri

Mari bersama pemuda-pemudi perangi korupsi

Junjung Kejujuran dan Keadilan

Bangun ibu pertiwi 

Singsingkan lengan baju 

Kerja keras tanpa henti

Ciptakan negeri bersih dan berwibawa

Cita-cita bersama.