Masuk Mal Kartini Harus Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Salah satu contoh scan barcode PeduliLindungi yang disediakan pihak Mal Lampung/ Vera Afrianti
Salah satu contoh scan barcode PeduliLindungi yang disediakan pihak Mal Lampung/ Vera Afrianti

Aturan baru masuk mal di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 


Hal ini sesuai dengan keputusan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahwasanya pada 14 September 2021 PeduliLindungi bakal diterapkan di supermarket dan hypermarket.

Tujuan diterapkannya aplikasi ini guna membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaran Covid-19 yang ada di daerah masing-masing.

Cara kerja dari aplikasi PeduliLindungi ini yakni pengguna akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah serta pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 atau ada pasien dalam pengawasan.

Salah satu supermarket atau mal di Lampung yang sudah menggunakan PeduliLindungi yakni Mal Kartini yang ada di Jalan Kartini Nomor 49, Palapa, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandarlampung.

Anggota Pengamanan (Security) Mal Kartini Mursani mengatakan, untuk saat ini memang pihak manajemen Mal Kartini sudah mulai menggunakan PeduliLindungi bagi karyawan dan pengunjung mal.

"Kita sudah menggunakan aplikasi sekitar 2 hari. Sudah diterapkan untuk karyawan dan pengunjung yang datang, siapapun yang mau masuk bisa langsung scan barcode yang kami sediakan di pintu masuk mal," kata dia kepada Kantor Berita RMOLLampung, Selasa (7/9).

Tetapi, kalau memang ada pengujung yang tidak memiliki aplikasi PeduliLindungi tetap diperbolehkan untuk masuk dengan catatan telah melakukan pengecekan suhu tubuh menggunakan thermogun (Pengecek suhu).

"Iya kalau ada pengujung yang tidak ada aplikasi kami tetap sediakan pengecekan suhu serta handsanitizer dan tempat cuci tangan. Karenakan aturan ini juga baru-baru ini sama Mal juga baru buka jadi belum banyak yang tahu aturan yang baru ini," katanya.

Ketentuan ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 39 Tahun 2021 dan berlaku di wilayah dengan status PPKM level 2, 3, hingga 4.