Masyarakat Pematang Sawa Cairkan BST Rp 600 Ribu

Masyarakat penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dampak Covid-19 yang ada di 6 Pekon di-Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, mencairkan dana bantuan sebesar Rp 600 ribu, Minggu (17/5).


Kepada Kantor Berita RMOLLampung, Edisusanto, Sekcam Kecamatan Pematang Sawa, juga selaku ketua tim pendataan dan penerimaan BST Pematang Sawa menjelaskan, di kecamatan ini ada 3 Posko untuk pengambilan dana.

Yakni,  Pos 1 di Pekon Karangberak. Pos 2 di Pekon Martanda. Pos 3 di Kantor Kecamatan Pematang Sawa.

"Hari ini Pos 3 melaksanakan penarikan tahap pertama, berikut nama 6 pekon dan jumlah penerimanya, Pekon Tanjungan 60 kk. Kampung Baru 39 kk. Betung 60 kk. Giring 103 kk. Way Nipah 73 kk. dan Pekon Pesanguan 49 kk. Sebanyak 413 kk, sisanya akan melakukan penarikan tahap kedua," jelasnya.

Untuk wilayah selatan yaitu, Pekon Teluk Berak, Karang Berak, Tirom, Way Asahan, Kaor Gading, Tampang Muda, Tampang Tua, dan Pekon Martanda, kita masih berkoordinasi dengan pihak POS untuk jadwal pencairannya, karena mereka sendiri yang akan mendatanginya.

Ia juga mengatakan, itu bantuan yang berasal Kemensos, sementara BST dari Dana Desa, kita masih menungu proses pembuatan rekening oleh Bank BRI, juga menungu pekon yang belum menyetorkan dananya ke Bank, karena dana desanya belum cair.

"Pencairan satu bulan sekali, selama tiga bulan, penerima bisa mengambil langsung dengan membawa KTP dan KK asli, bagi yang belum sempat mengambil hari ini, bisa mengambil di kantor Pos," katanya.

Menurutnya, pengambilan bantuan, tidak bisa diwakilkan, walaupun menggunakan surat kuasa bermaterai, kecuali yang menerima kuasa namanya tercatat di Kartu Keluarga (KK) tersebut.

Penjabat Kepala Pekon Betung, Diana Novita di lokasi mengatakan, kuota penerima BST dari Kemensos sebanyak 130 kk, yang terkaper 94 kk. Hari ini yang bisa mencairkan dana tersebut sebanyak 60 kk, sisa di tahap ke dua.

Ia mengatakan, penerima BST yang sumber dananya dari Dana Desa sebanyak 148, tapi belum bisa dicairkan, karena pekon belum mentransfer dananya ke Bank BRI.

"Kami belum mentransfer dana tersebut ke Bank BRI karena Dana Desa itu belum cair," jelasnya.