Masyarakat Pringsewu Antusias Ikuti Vaksinasi Massal Serentak

Masyarakat Pringsewu antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19/Ist
Masyarakat Pringsewu antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19/Ist

Masyarakat Pringsewu antusias mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan secara serentak oleh Polres dan Polsek Jajaran di delapan lokasi terpisah, Sabtu (26/6). 


Delapan lokasi itu yakni, Pendopo Kabupaten, Mapolsek Sukoharjo, Mapolsek Gadingrejo, Balai Desa Pujodadi Pardasuka, SMA Yadika Pagelaran, UPT Puskesmas Pagelaran dan UPT Puskesmas Pagelaran Utara.  

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan, vaksinasi massal serentak dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 sekaligus menyukseskan Program Pemerintah 1 Juta Vaksin Perhari.

Pemberian vaksin jenis sinovac diprioritaskan bagi masyarakat umum yang berusia 18 tahun ke atas, dalam kondisi sehat dan sedang tidak hamil.  

Kapolres mengatakan, seseorang yang sudah mendapatkan vaksin belum sepenuhnya kebal dari ancaman virus. Kemungkinan masih memiliki resiko tertular atau terinfeksi Covid-19.  

“Vaksinasi memang memiliki manfaat untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) serta mencegah terjadinya perburukan gejala berat bila terinfeksi. Namun demikian, bukan berarti kebal, sehingga masih mungkin tertular atau terinfeksi. Maka dari itu, mari kita tetap mentaati protokol kesehatan dengan disiplin,” lanjutnya.

Ditambahkanya, pelaksanaan vaksinasi secara serentak digelar mulai 26 Juni hingga 30 Juni mendatang tersebut mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan dalam pelaksanaanya bersinergi dengan Dinas Kesehatan Pringsewu dan sejumlah rumah sakit.

“Antusiasme warga sangat tinggi, sehingga tadi sempat kami hentikan pemberian nomor antrian karena kursi tunggu sejumlah 400 buah yang sudah kami siapkan telah penuh semua,” terang Kapolres.

Kapolres menyebutkan untuk dosis pertama pelaksanaan vaksinasi serentak pihaknya telah menyiapkan 4200 dosis. 

“Pelaksanaan vaksinasi tahap I kami menyiapkan 4200 dosis dan berlangusng di 8 lokasi yang tersebar diseluruh kabupaten Pringsewu,” ujar Kapolres.

Para peserta yang ikut vaksin di Polres Pringsewu juga tampak sangat berantusias dan merasa senang serta diuntungkan dengan adanya vaksinasi massal tersebut. 

Menurut salah satu dari mereka, di masa pandemi Covid-19 sangat penting menjaga imun tubuh agar selalu vit dengan salah satunya adalah divaksin. 

"Kepada Kapolres Pringsewu saya ucapkan terimakasih atas adanya vaksinasi massal. Dan semoga Polres Pringsewu ke depannya semakin jaya dan bermasyarakat," ucap Nuraini

Ketua Tim vaksinator dr Satria mengatakan, setelah menerima suntikan vaksin penerima vaksin diharapkan memperbanyak istirahat dan dianjurkan tidak melakukan bepergian jarak jauh. Apabila mengalami kejala pasca imunitas agar segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.