Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Kampung Kopi Rigis Jaya Lampung Barat  

Menparekraf Sandiaga Uno/Ist
Menparekraf Sandiaga Uno/Ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno hari ini (29/9) akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kampung Rigis Jaya, Kecamatan Air. Hitam Kabupaten Lampung Barat. 


Diketahui, Kampung Kopi Rigis Jaya masuk 50 besar desa wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

BACA: https://www.rmollampung.id/kampung-kopi-rigisjaya-destinasi-wisata-lampung-barat-berkelas-dunia

"Tiba di Bandara Raden Intan II pukul 10.00 WIB dan akan disambut oleh tim Provinsi Lampung, lalu kunker itu akan dipusatkan di Kampung Kopi, Pekon Rigis Jaya, Kecamatan Air Hitam," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemkab Lampung Barat Mazdan Bakri, Rabu (29/9).

BACA: https://www.rmollampung.id/kampung-kopi-rigisjaya-suguhkan-edukasi-kopi-hingga-susur-hutan

"Setelah sampai di Bandara, tepatnya di pukul 10.15 WIB menparekraf langsung menuju Lampung Barat dan diperkirakan pukul 14.30 WIB tiba di pos pinusan Kecamatan Sumber Jaya dan disambut oleh mobil Patwal dan pengawalan dari Polres Lampung Barat dan Satpol-PP," timpal dia.

Kemudian, pada pukul 15.00 WIB Menparekraf  akan disambut dengan prosesi adat Lampung Barat yaitu berupa arak-arakan dan tari sembah batin serta nyambai bersama.

"Lalu pukul 15.30 WIB ada pemaparan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan peratin Pekon Rigis Jaya yang berpusat di kawasan Anjungan Rigis Jaya. Sedangkan pukul 16.00 WIB meninjau Bazar ekonomi kreatif di halaman Balai Pekon Rigis Jaya," ujar dia.

Terus meninjau pembuatan kriya seperti eco-print, tapis, celugam, kopiah pelepah pinang di balai Rakyat serta melihat galeri souvenir di Galeri Anjungan dan pada pukul 16.30 WIB Menparekraf melakukan penanaman kopi di kawasan anjungan Rigis Jaya tersebut. 

Selanjutnya, pukul 16.45 WIB menparekraf melihat pengolahan kopi mulai dari hulu hingga ke hilir tepatnya di pendopo besar kawasan Anjungan Rigis Jaya, lalu pukul 17.00 WIB melakukan kunjungan ke Anjoengan Sedoeh serta conference pers.