Menperin Jelaskan 3 Tujuan Pemerintah Adakan Gernas BBI di Lampung 

Gernas BBI Lagawi Fest di Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran/ Kominfotik Lampung
Gernas BBI Lagawi Fest di Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran/ Kominfotik Lampung

Ada tiga tujuan pemerintah pusat dan Provinsi Lampung melaksanakan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Lagawi Fest di Pulau Tegal Mas, Kabupaten Pesawaran.


Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan, tujuan tersebut yakni pertama untuk meningkatkan jumlah industri kecil dan menengah yang on boarding, kedua pendampingan wirausaha industri, ketiga peningkatan transaksi penjualan para IKM.

Selain itu, Menperin Agus juga mengatakan bagi IKM yang menjadi juara pada ajang Gernas BBI Lagawi Fest 2022 akan dipilih pemerintah pusat untuk mengikuti agenda G20 di Bali. "IKM unggulan hasil BBI nantinya akan dipilih untuk berpartisipasi pada agenda G20 tahun ini," katanya. 

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap IKM atau UKM bisa menjadi salah satu komponen penggerak roda perekonomian Lampung, yang juga akan menjadi stimulus pemulihan perekonomian nasional.

"Saya mengajak masyarakat Lampung, mari kita Bangga akan Buatan Indonesia, khususnya produk IKM ataupun UKM Lampung karena memakai produk lokal akan membantu pemulihan ekonomi, dan mensejahterakan bangsa," harapnya.

Diketahui pada acara tersebut diumumkan ada 5 IKM yang menjadi juara pada ajang Champions BBI Lagawi Fest tahun 2022. Yakni, Lampung Ethnica asal Lampung Timur, Pisang Shamiya, Littlemono, Rafins Snack dan Askha Jaya.