Mensos Risma Serahkan Bantuan Donatur untuk 3 Pasien Kronis di Lampung

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan dana bantuan kepada tiga pasien penyakit kronis/ Dok Kemensos.
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan dana bantuan kepada tiga pasien penyakit kronis/ Dok Kemensos.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan dana bantuan donatur untuk tiga pasien penyakit kronis di Provinsi Lampung.


"Saya berkunjung ke sini untuk memberikan bantuan kepada tiga pasien penerima manfaat ini (tiga pasien didapatkan dari hasil penjangkauan balai-balai milik Kementerian Sosial (Kemensos)," kata Risma dalam siaran tertulis, Jumat (4/2).

Tiga pasien penerima bantuan yakni pertama Suci Ramadhani umur 9 tahun di Dusun Rejomulyo, Kecamatan Natar Lampung Selatan. Dari hasil asesmen, Suci menderita tumor otak sejak berusia enam bulan.

"Suci pertama kali menderita tumor dengan mata sering berair, dan pembengkakan di bola mata sebelah kanan. Tapi sekarang pasien dirawat di rumah dan rutin kemoterapi di Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek," ujar Risma.

Kedua, Badri yang terkena penyakit kanker rahang tinggal di Desa Peraduan Waras, Kecamatan Abung Timur, Kabupaten Lampung Utara. 

"Berdasarkan hasil asesmen, Badri menderita kanker di rahang atas. Sejak September 2021, Badri dibawa berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek pada 28 Desember 2021," kata dia.

"Kemudian, berdasarkan rujukan dari puskesmas Badri dijadwalkan kembali pada 7 Januari 2022 untuk dilakukan CT scan, dan hasil pemindaian harus dilakukan operasi besar.

"Status terakhir sudah menjalani operasi besar pada 19 Januari 2022," jelas Risma.

Ketiga, menyalurkan bantuan kepada Riska Aulia yang didiagnosa memiliki kista di otak kanan (Kistanya sudah hampir menutupi seluruh otak sebelah kanan).

"Riska pernah melakukan operasi satu kali dengan menggunakan pembiayaan BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek saat usia tiga tahun, untuk pemasangan selang dari kepala sampai ke usus untuk pembuangan cairan di kepalanya," jelas dia.