Mentan Beri Penghargaan Pemprov Lampung Sebagai Pendukung Asuransi Pertanian

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan penghargaan kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi atas peran Pemprov Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian. 


Penghargaan itu diterima Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kusnardi (Perwakilan dari Gubernur Lampung) di Lapangan Upacara Kantor Kementan, Kamis (17/8).

"Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI gubernur Lampung mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian atas kinerja dan prestasi yang sangat baik dalam mendukung dan memajukan sektor pertanian khususnya asuransi pertanian," katanya.

Dia mengaku pemprov mendukung program asuransi pertanian melalui Program Kartu Petani Berjaya (KPB) dengan bantuan premi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebesar 20 persen untuk 30.000 hektare sawah.

Kemudian adapula Asuransi Usaha Ternak Sapi atau Kerbau (AUTS/K) sebesar 20 persen untuk 2.500 ekor sapi atau kerbau.

"Asuransi pertanian sangat penting bagi para petani untuk melindungi usahataninya karena asuransi pertanian merupakan pengalihan resiko yang dapat memberikan ganti rugi akibat kerugian usahatani sehingga keberlangsungan usaha tani dapat terjamin," tutup dia.