Menteri Teten Masduki Ajak UMKM Bertransformasi ke Digital

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki/Repro
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki/Repro

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk pindah atau bertransformasi ke dunia digital guna meningkatkan omzet di tengah pandemi Covid-19.


"Banyak riset yang membuktikan bahwa UMKM yang telah bertransformasi ke digital memiliki ketahanan di tengah krisis dan lebih efisien bahkan omsetnya pun meningkat," kata di saat sambutan di acara open ceremony Lampung Begawi di Bank Indonesia wilayah Lampung, secara virtual, Kamis (9/9).

Selain itu, pihaknya juga menargetkan UMKM yang go digital mencapai 30 juta di tahun 2024 dan para UMKM itu menggunakan Quick Response Code sebagai sistem pembayaran yang modern.

"Untuk memperkuat itu. Maka kita harus konsolidasi sehingga mereka (Usaha mikro perorangan dan petani kecil dan lainya) masuk pada sekala ekonomi dengan koperasi," katanya.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengaku, ada sebanyak 70,3 persen UMKM yang telah memanfaatkan platform digital dan tergabung dalam koporatisasi guna bertahan di tengah pandemi covid.

"Berdasarkan survei Bank Indonesia terhadap 2.970 koresponden, ada 70,3 persen UMKM telah memanfaatkan flatpom digital dan tergabung dalam korporatisasi dan ternyata hal inj memiliki kemampuan untuk bertahan di tengah kondisi pandemi," kata Arinal.