Menyusul Yusrizal di Lampura, Mantan Ketua DPRD Metro Ikut Mundur Dari Demokrat

Sudarsono (kanan) / ist
Sudarsono (kanan) / ist

Setelah pendiri dan Ketua DPC Lampung Utara Muhammad Yusrizal pamit dari Demokrat, kini giliran mantan Ketua DPRD Metro Sudarsono ikut hengkang.


Surat pengunduran diri Sudarsono sebagai Wakil Ketua Dewan Kehormatan Demokrat Lampung itu ditandatanganinya, Senin 25 April 2022 dengan dibubuhi materai 10.000.

"Dengan ini menyatakan mengundurkan diri dari anggota dan kepengurusan DPD Partai Demokrat Provinsi Lampung," bunyi surat yang ditulis Sudarsono. 

Ia melanjutkan, setelah surat pengunduran diri itu ditandatangani, dirinya menyatakan dirinya tidak memiliki kaitan lagi dengan Demokrat. 

Saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLLampung, Sudarsono mengatakan dirinya ingin rehat dan kembali bertani. Ia tak ingin panjang lebar mengungkapkan alasannya hengkang dari Demokrat. 

"Tak kira masyarakat pada tau. Di Lampung proses pemilihan Ketua DPC diintervensi, mau demokratis gimana?" kata Sudarsono yang pernah nyalon jadi Ketua DPC Demokrat Metro ini, Selasa (26/4).

Ia mengatakan, dirinya tidak ingin memancing keributan, apalagi Partai Demokrat itu mestinya berkarakter sejuk dan santun. Namun, di Lampung berbeda, sehingga lebih baik dirinya mundur. 

Diketahui, Sudarsono mendaftar sebagai Calon Ketua DPC Demokrat Metro 11 Maret lalu. Dia bertekad ingin mengembalikan kejayaan Demokrat di Metro.

Sepanjang waktu 2008 hingga 2015 Sudarsono berhasil menjadikan Partai Demokrat sebagai kekuatan besar di Bumi Sai Wawai.

Pada periode 2008 – 2013, Sudarsono berhasil mendudukkan 5 orang sebagai anggota DPRD Metro. Saat itu, Sudarsono didapuk sebagai ketua dewan.

Setelah itu, pada pileg 2014, Demokrat Metro memperoleh kursi yang sama dengan yang diraih PDI Perjuangan, yakni 4 kursi yang menempatkan Sudarsono menjadi Wakil Ketua DPRD Metro.

Usai lokomotif Demokrat beralih dari tangan Wakil Ketua Kadin Lampung itu, perolehan kursi Partai Demokrat Metro anjlok.

Saat ini, Demokrat terlempar dari kursi pimpinan DPRD Metro lantaran hanya mampu meraih 3 kursi. Hasil Musyawarah Cabang akhirnya memutuskan, Bambang Iman Santoso yang terpilih jadi Ketua DPC, bukan Sudarsono