Meresahkan Warga, Wanita Berpakaian dan Bercadar Putih Diamankan Polres Pringsewu

Nur yang diamankan Polres Pringsewu/ Rama
Nur yang diamankan Polres Pringsewu/ Rama

Polres Pringsewu mengamankan Nur (43), wanita berpakaian serba putih, bercadar dan berkaca mata hitam warga Pekon Bandung Barat Kecamatan Sukoharjo yang meresahkan masyarakat setempat.


Nur diamankan lantaran perbuatannya mendatangi rumah-rumah warga dengan mengenakan pakaian serba putih, bercadar, dan memakai kaca mata hitam meminta-minta sumbangan dengan mengetuk pintu rumah warga.

Dikatakan Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi, pelaku adalah seorang wanita dan telah diamankan saat sedang berada di wilayah Kecamatan Sukoharjo Minggu (15/5) sekitar pukul 10.00 Wib.

"Nur telah kita amankan, dan sedang kita mintai keterangan atas perbuatannya yang dianggap telah meresahkan masyarakat," kata Rio Cahyowidi, Minggu (15/5).

Kemudian, Rio menjelaskan, dengan didampingi pihak kelurga dan aparat Pekon Bandung Barat terungkap, pelaku mendatangi rumah-rumah warga meminta sumbangan karena terlilit hutang puluhan juta kepada beberapa aplikasi pinjaman online.

"Pelaku melakukan perbuatannya itu sudah berjalan kurang lebih satu tahun terkahir, dan uang hasil meminta-minta itu digunakan untuk membayar hutang pinjaman online sebesar Rp39 juta," jelasnya.

Dikatakan, pelaku melakukan hal tersebut lantaran tidak memiliki pekerjaan. Sehingga Ia nekat melakukan perbuatannya.

"Dalam melakukan aksinya, pelaku tidak melakukan tindak pidana. Namun karena pakaian tertutup, bercadar dan pakai kaca mata hitam yang membuat masyarakat resah," kata dia.

Ia juga menuturkan, pelaku telah membuat pernyataan melalui video permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Pringsewu dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Kami aman mengundang pihak keluarga pelaku dan aparat Pekon untuk menjaga pelaku untuk tidak melakukan perbuatan yang akan membuat resah masyarakat," tuturnya.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat tidak resah dan takut apabila ada kejadian serupa untuk segera melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat.