Mudik Dilarang, 135 Warga India Lolos Masuk Indonesia

Sekretaris Jenderal Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi/Net
Sekretaris Jenderal Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi/Net

Sebanyak 135 warga negara India lolos masuk Indonesia dengan dokumen lengkap dan sesuai prosedur keimigrasian Indonesia. Kontan, hal ini menuai kritik dari banyak pihak.


Saat pemerintah melarang masyarakat untuk mudik. Namun warga negara asing yang kasus Covid-19 negaranya sangat tinggi malah diperbolehkan masuk ke Indonesia.

Sekretaris Jenderal Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi alias Awiek menyayangkan masuknya WNI India tersebut.

"Kami menyayangkan masuknya WNK India," kata Sekretaris Jenderal Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi alias Awiek seperti yang dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (23/4).

Ia menambahkan masuknya WN India ke Indonesia tersebut dengan membawa dokumen resmi yang diterbitkan pihak terkait akan menimbulkan spekulasi dan pertanyaan publik.

“Di sisi lain, pemerintah melarang mudik untuk mencegah penularan Covid-19. Anehnya, WN India yang negaranya sedang tsunami Covid-19 justru boleh datang ke Indonesia,” tambahnya.

Anggota Komisi VI DPR RI ini pun meminta kementerian terkait seperti Kemenlu, Kemenkumham, dan Satgas Covid-19 koordinasi untuk mencegah masuknya WNA ke Indonesia di tengah situasi pandemi yang belum mereda ini.

“Kesehatan masyarakat harus menjadi prioritas untuk menangani Covid-19. Jika masyarakat sudah sehat maka pemulihan ekonomi akan segera tuntas,” tandasnya.