Mulai Hari Ini, Pungutan Uji Coba Gate 1 Mutun Libatkan Warga Setempat

Rapat soal pungutan uji coba Gate 1 Mutun/ Rama
Rapat soal pungutan uji coba Gate 1 Mutun/ Rama

Pemkab Pesawaran akan melibatkan warga setempat dalam melaksanakan pungutan uji coba Gate 1 Mutun Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan.


Hal tersebut berdasarkan keputusan bersama setelah dibahas dengan pihak-pihak terkait guna menyamakan persepsi dalam menarik pungutan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pesawaran.

"Berdasarkan kemufakatan dan rapat di Balai Desa Sukajaya Lempasing, mulai tanggal 15 Agustus 2022 maka penjagaan Gate di Mutun melibatkan warga setempat yakni setiap hari 1 orang, dan pada hari libur 2 orang yang akan ditunjuk Kepala Desa setempat," kata Kepala Dinas Pariwisata Ketut Partayasa di Balai Desa Sukajaya Lempasing, Minggu (14/8).

Menurutnya, uji coba pungutan tersebut dilakukan dengan mengutip dari wisatawan sebesar Rp3000 per orang, yang peruntukannya sebagai setoran PAD Rp2000 dan 1000 untuk membayar premi asuransi. 

"Pungutan pada uji coba Gate ini sebagai PAD lain lain yang sah, dan Alhamdulillah semua pihak sangat mendukung pelaksanaan ini. Kedepan, ketika retribusi wisata telah maksimal maka timbal baliknya adalah sarana dan prasarana pendukung pasti lebih ditingkatkan," ujarnya. 

Ia juga menegaskan, potensi pariwisata di Kabupaten Pesawaran, baik yang berada di pesisir, di pulau dan laut, serta yang ada di daratan di sejumlah destinasi wisata sangat menarik wisatawan lokal, nasional maupun manca negara. 

"Kami yakin, kedepan PAD yang dihasilkan dari sektor pariwisata akan terus meningkat secara signifikan. Potensi pariwisata Bumi Andan Jejama ini sangat luar biasa, nah tinggal kita nantinya mengelola dan meningkatkan pelayanan harus terus ditingkatkan. Bertahap, pemerintah juga akan memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana infrastruktur agar pengunjung lebih nyaman," pungkasnya. 

Diketahui, kegiatan rapat menyamakan persepsi yang dilakukan Dinas Pariwisata tersebut dengan melibatkan Kasat Pol PP, Bagian Hukum, Dinas Perhuhungan, Camat, Polres Pesawaran diwakili Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Desa Sukajaya Lempasing, Seluruh RT Desa Sukajaya Lempasing, Ketua BPD dan sejumlah Tokoh Masyarakat setempat.