Mulai Vaksinasi PMK Dosis Kedua, Pemkot Bandar Lampung Siapkan 300 Dosis 

Vaksinasi PMK pada sapi/Tuti
Vaksinasi PMK pada sapi/Tuti

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui dinas pertanian mulai menyuntikkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) dosis kedua kepada hewan ternak berkuku belah khususnya sapi dan kambing.  


Kepala Dinas Pertanian Bandar Lampung, Agustini mengatakan vaksinasi PMK dosis kedua difokuskan untuk hewan ternak yang telah menerima vaksin PMK pertama. 

"Hari ini kita jalan vaksin PMK dosis kedua. Ada 300 dosis yang difokuskan ke hewan ternak yang sudah menerima vaksin pertama," kata Agustini, Rabu (3/8). 

Menurutnya, vaksin PMK dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus PMK yang mulai masuk di Kota Bandar Lampung. Sebelumnya tercatat 4 sapi dan 8 kambing terpapar PMK. 

"Alhamdulillah semua kasus sudah sembuh. Kita juga selalu mengingat peternak untuk melakukan vaksinasi dan penyemprotan desinfektan pada kandang," ujarnya. 

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung mendapat 300 dosis vaksin PMK untuk penyuntik pertama, lalu mendapat tambahan 100 dosis dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. Sasaran kecamatan yakni Rajabasa, Sukarame, Tanjung Senang, dan Kemiling.