Muri Bukukan Unila Sebagai PT dengan Pengukuhan Guru Besar Terbanyak 

Muri Bukukan Unila Sebagai PT dengan Pengukuhan Guru Besar Terbanyak/ Tuti
Muri Bukukan Unila Sebagai PT dengan Pengukuhan Guru Besar Terbanyak/ Tuti

Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) membukukan Universitas Lampung (Unila) sebagai perguruan tinggi (PT) dengan pengukuhan guru besar terbanyak di dunia yakni 15 guru besar. 


Senior Manager Muri, Awan Raharago mengatakan untuk memperoleh atau mencapai jabatan fungsional guru besar, selain harus berjenjang akademik S3, juga harus mempublikasikan penelitiannya di jurnal ilmiah bereputasi terindeks. Harus mengumpulkan angka kredit minimal 850 poin.

"Unila dalam hal ini telah berhasil melakukan proses percepatan perolehan ataupun capaian jabatan fungsional guru besar bagi para dosennya. Dan hal ini dibuktikan dengan pengukuhan sebanyak 15 guru besar dari berbagai fakultas," kata Awan, Rabu (22/9). 

Lanjutnya, Muri sejatinya dibagi menjadi dua bagian yakni akademik maupun non akademik. Unila khusus fakultas pertanian selama ini telah mencatatkan muri sebanyak 5 kali yang semuanya masuk kategori akademik. 

"Kami mohon izin kepada bapak rektor dan juga senat Unila bahwa pengukuhan 15 guru besar ini kami catat sebagai prestasi di muri. Sehingga Unila telah mencatat rekor muri sebanyak 6 rekor dan kami ucapkan selama dan terima kasih," ujarnya. 

Sementara itu, Rektor Unila, Prof Karomani mengaku akan menambah kembali pengukuhan guru besar. Direncanakan 2022 akan mengukuhkan 20 guru besar. 

"Insyaallah tahun 2021 ini akan bertambah guru besar, karena saat ini sudah di proses sebanyak 18 guru besar. Saya berharap nanti 2022 kita bisa mengukuhkan secara bersamaan 20 guru besar mudah-mudahan," jelasnya.