Mutun Dukung Kebijakan Sekab Terkait Klaster Wisata Pantai

Pantai Mutun/Foto Ist
Pantai Mutun/Foto Ist

Elia Sunarto dari Satmakura mendukung kebikan Pemkab Pesawaran terkait kebijakan pengelolaan kawasan wisata pantai saat pandemi Covid-19.


Dia juga mengucapkan terimakasih atas toleransi yang diberikan Sekab Pesawaran Kesuma Dewangga terhadap pengelolaan Pantai Mutun terkait adanya klaster kawasan wisata.

"Wisata Pantai Mutun berkomitmen menerapkan protokol kesehatan sebagaimana disyaratkan pemerintah dan pemulihan ekonomi rakyat," ujarnya, Selasa (29/9).

Dia mewakili manajemen berharap sektor wisata Lampung bisa segara bangkit kembali.

Dijelaskannya juga bahwa pihaknya tidak ada kaitannya dengan kegiatan politik. Kawasan  Mutun adalah kawasan terbuka untuk publik dan netral, ujarnya.

Elia Sunarto juga mengklarifikasi bahwa pihaknya tak mengeluarkan statemen pihak Pantai Mutun terkait pemberitaan penutupan kawasan wisata pantai oleh Sekab Pesawaran. 

"Publik jangan salah persepsi, Judul berita sebelumnya sama sekali beda dengan sikap kami, dan itu juga hanya kutipan bukan wawancara", ungkap Elia Sunarto. 

Dia tak ingin ada polemik dan sepakat dengan kebijakan Pemkab Pesawaran soal kesehatan itu lebih utama. "Penanggulangan Covid-19 tanggung jawab kita bersama," katanya.

Menurut dia, pihaknya juga memikirkan nasib ratusan keluarga yang menggantungkan hidup dari sektor pariwisata.

Sebelumnya, Minggu petang (27/9), manajemen Satmakura mempertanyakan apakah ada keterkaitan antara penutupan kawasan wisata pantai dengan program jalan-jalan ke kawasan wisata salah satu calon bupati.

Sekdakab Pesawaran Kesuma Dewangsa menyatakan tak ada muatan politis atas kebijakan penutupan tersebut. Dia memberikan toleransi hingga surat tersebut sampai kepada pengelola. 

"Jika tak ada kasus baru Covid-19 dari kawasan wisata sepekan ini, kita ijinkan buka lagi," katanya kepada Kantor Berita RMOLLampung, Senin (28/9).

Penutupan kawasan wisata pantai, katanya, murni karena munculnya 14 kasus baru terkait pandemi Covid-19 dari klaster kawasan wisata pantai.