OAIL Itera Gelar Lomba Cerdas Cermat Astronomi Berhadiah Teleskop

OAIL Astronomi Itera/Ist
OAIL Astronomi Itera/Ist

Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) Institut Teknologi Sumatera (Itera) akan menyelenggarakan kompetisi lomba cerdas cemat astronomi tingkat nasional 2021. Lomba yang diadakan untuk tiga kategori yaitu SMP, SMA, atau mahasiswa dan umum. 


Pendaftaran lomba cerdas cermat astronomi telah dibuka sejak 27 September hingga 1 November mendatang di laman http://bit.do/daftar-LCC-OAIL-2021.

Ketua panitia, Alfiah Rizky menjelaskan syarat peserta yang ingin mengikuti lomba cerdas cermat astronomi yakni mengisi formulir online, dengan mengunggah identitas diri, mengunggah bukti pembayaran pendaftaran senilai Rp 35 ribu per orang. Setiap tim terdiri dari 3 orang. 

"Juara pertama setiap kategori berhak mendapatkan hadiah berupa satu unit teleskop jenis F70060, medali, sertifikat dan uang pembinaan," kata Alfian, Jumat (22/10).  

Menurutnya, lomba cerdas cermat ini diharapan dapat menumbuhkan antusiasme bagi para pelajar dan masyarakat umum pada bidang astronomi, dan dapat menambah pengetahuan. Selain itu, melalui sebuah kompetisi diharapkan juga muncul rasa sportivitas antar peserta.

"Tahun ini, kami menambah kategori lomba untuk mahasiswa dan umum, dengan harapan masyarakat bisa menambah pengetahuan tentang astronomi, melalui ajang ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Alfiah menyebut, babak penyisihan lomba akan dilaksanakan pada 5 November 2021 mendatang, dan semi final dan final dilaksanakan pada 6 November 2021.  

"Bagi calon pendaftar yang membutuhkan informasi tambahan dapat menghubungi nomor Whatsapp 087898634449, atau email [email protected]. Serta dapat mengakses akun media sosial instagram resmi OAIL ITERA @oail.itera," jelasnya.