Ombudsman Lampung Minta Disdikbud Salurkan Kelebihan Calon Peserta PPDB

Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung/Ist
Kepala Ombudsman Perwakilan Lampung/Ist

Ombudsman menyarankan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung untuk melakukan rekapitulasi hasil pendaftaran PPDB. Rekapitulasi yang dimaksud yakni sekolah yang masih terdapat kuota yang belum terpenuhi pada masing-masing jalur.


Kepala Ombudsman Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf mengatakan berdasarkan hasil monitoring terdapat potensi kuota yang belum terpenuhi secara optimal. Untuk itu Disdikbud Lampung perlu melakukan rekapitulasi dan menyalurkan kelebihan calon peserta didik jika ada sekolah yang pendaftarnya berlebih. 

“Kami rasa Disdikbud perlu menyusun mekanisme dan diinformasikan secara terbuka kepada masyarakat. Sehingga seluruh rombongan belajar di masing-masing sekolah negeri dapat terpenuhi," kata Nur Rakhman, Kamis (7/7). 

Ombudsman juga mengimbau kepada masyarakat untuk terus melakukan pengecekan pada sistem PPDB sampai dengan pengumuman. Tidak melakukan tindakan yang melanggar ketentuan PPDB. 

"Kami berharap para orang tua memberikan praktik baik kepada anaknya, dimulai dari cara mengakses pelayanan pendidikan sesuai dengan ketentuan," ujarnya. 

Menurutnya, ia menemukan praktik baik dalam pelaksanaan PPDB, yakni penginformasian secara langsung kepada para pendaftar yang masih perlu melakukan perbaikan persyaratan sehingga para pendaftar paham dan dapat langsung memperbaiki persyaratan. 

"Harapan kedepan, praktik baik seperti ini dapat dilakukan secara terorganisir dengan memanfaatkan sistem informasi yang sudah tersedia," jelasnya.