Ombudsman Lampung Terima 7 Laporan Calon Peserta Tes CPNS, Tiga Lolos

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf/Ist
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf/Ist

Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung menerima 7 laporan terkait seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).


Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung, Nur Rakhman Yusuf mengatakan dari 7 laporan, 3 laporan dinyatakan lolos seleksi dan 4 laporan tidak ditemukan maladministrasi. 

"Ada 2 laporan tadinya tidak lulus menjadi lulus, yaitu terkait verifikasi jurusan oleh panitia CPNS Lampung Barat, dan 1 orang tadinya tidak lolos perguruan tinggi belum terakreditasi sebelum 2012 menjadi lolos di Lampung Tengah," kata Nur Rakhman, Senin (30/8).

Sedangkan 4 laporan lainnya dinyatakan tidak ditemukan maladministrasi, diantaranya 2 laporan karena kesalahan calon peserta CPNS dan 2 calon peserta PPPK guru yang bukan merupakan kewenangan pemerintah daerah.

“Ombudsman bekerja dengan imparsial, ketika itu kesalahan pelapor karena mengupload foto hitam putih atau menggunakan materai yang sama untuk dua surat, ya kami nyatakan tidak ditemukan maladministrasi," ujarnya. 

Nur Rakhmat Yusuf mengaku cukup apresiasi dengan panitia daerah, maupun panitia lembaga vertikal yang kooperatif dalam menindaklanjuti setiap laporan yang ditindaklanjuti oleh Ombudsman. 

“Kami akan terus memonitoring jalannya proses seleksi CPNS di Provinsi Lampung agar tidak ada maladministrasi dalam setiap tahapannya," jelasnya. 

Sebelumnya, diketahui Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Lampung membuka Posko Laporan CPNS di Provinsi Lampung melalui nomor whatssap 0811 980 3737 maupun kanal pengaduan daring lainnya.