Partai Ummat Besutan Amien Rais Mulai Merambah Lampung

Deklarasi Partai Ummat di Lampung Utara/Ist
Deklarasi Partai Ummat di Lampung Utara/Ist

Partai Ummat besutan pendiri PAN, Amien Rais mulai merambah Lampung. Diawali deklarasi di Lampung Utara, Rabu kemarin (7/4). Diketuai oleh Djauhari Thalib dan Sekretaris Rubianto.


Ahmad Bastari, Sekretaris Tim Panitia Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) ini mengatakan, deklarasi ini merupakan persiapan deklarasi nasional Partai Ummat 17 Ramadan 1442 atau 29 April 2021.

"Setelah Lampung Utara yang sudah langsung bergerak, ini masih sifatnya persiapan. Harapannya juga di kabupaten kota lainnya segera menyusul, tapi baru bergerak secara resmi setelah deklarasi nasional," ujarnya, Kamis (8/4).

Usai deklarasi, pihaknya menyusun daftar pengurus mulai dari tingkat provinsi sampai tingkat desa sebagai syarat untuk didaftarkan di Kemenkumham melalui Pengurus Pusat. 

Tujuannya agar tahun 2024 bisa ditetapkan sebagai partai politik dan dapat mengikuti pemilihan umum. 

"Kejar target Pemilu 2024, walaupun kita sangat optimis bisa menjadi peserta pemilu," katanya kepada Kantor Berita RMOLLampung. 

Ia menjelaskan, hasil rapat awal pada Januari diputuskan untuk meminta kesediaan Abdullah Fadri Auli sebagai Ketua TP3U atau calon Ketua DPW Partai Ummat. 

Namun salah satu senior PAN yang hengkang pasca munas yang melengserkan Amin Rais dari partai besutannya sendiri itu, belum memberikan jawaban secara resmi.