Pasangan Ridho-Bakhtiar Paling Unggul


RMOL-Elektabilitas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri lebih unggul dibandingkan tiga pasang kandidat lain dalam Pilgub Lampung 2018.
Keunggulan pasangan nomor urut satu, Ridho-Bakhtiar itu berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Dimana elektabilitas pasangan Ridho-Bachtiar berada di angka 35,6 persen, selisih tipis di bawahnya, pasangan Herman HN-Sutono dengan angka 23,6 persen.
Sedangkan elektabilitas pasangan Arinal-Chusnunia 14,6 persen, Mustafa-Jajuli 13,8 persen, sementara yang tidak tahu atau belum memberikan jawaban, ada 12,4 persen.
Survei dilakukan pada tanggal 3 hingga 8 Maret 2018 terhadap 820 orang.
Responden yang dipilih berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat mengikuti survei.
Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan sebesar kurang lebih 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
Survei dilakukan lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih, dengan Quality Control secara random 20 persen,├óÔé¼┬Ø ujar Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas saat merilis hasil survei pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Lampung, di Hotel Emersia, Minggu (25/3/2018) malam.[try]