Pasar Wayhalim Bakal Jadi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas

Penny K.  Lukito bersama Herman HN/RMOLLampung
Penny K. Lukito bersama Herman HN/RMOLLampung

Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito mengatakan Pasar Wayhalim Kota Bandarlampung menjadi pasar percontohan pertama Pasar Aman dari Bahan Berbahaya pada tahun 2019.


"Pemenang pertama dari tiga pasar di Indonesia pada tahun 2019 dari nominasi 17 pasar," kata Penny K. Lukito, Jumat (16/10).

Menurutnya setelah Pasar Wayhalim dinobatkan menjadi Pasar Aman dari Bahan Berbahaya, ke depan Badan POM akan mendorong menjadi Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas.

"Tentunya perlu melibatkan berbagi stakeholder seperti Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), kemenetrian atau lembaga dan pemerintah," ujarnya.

Tambahnya, program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan pangan pasar yang meliputi penerimaan, penyimpanan, pengolaan, pemajangan dan penyerahan serta memutus rantai penularan Covid-19.

"Mudah-mudahan lebih banyak lagi pasar yang mendalami ini sama-sama, tidak hanya di Bandarlampung tapi seluruh pasar di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.