Pasca Covid-19, Pariwisata Mengalami New Normal Tourism

Pasca wabah Covid-19, pariwisata di Lampung akan mengalami new normal tourism. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Edarwan setelah usai rapat dengan stakeholder bidang pariwisata.


Menurutnya akan ada momen sektor pariwisata booming atau membludak. Untuk mengadapi kondisi tersebut, Edarwan mengajak pelaku di sektor pariwasata untuk menerapkan konsep Pariwisata Berkelanjutan (Sustainable Tourism).

"Pariwisata kedepankan berarti pariwisata yang berwawasan lingkungan, pariwisata berwawasan kesehatan, pariwisata berwawasan keamanan," jelasnya, di Posko Satgas Terpadu Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Jumat (8/5).

Lanjutnya apabila tidak mengembangkan konsep tersebut, maka sektor pariwisata akan tertinggal. "Begitu ada yang membludak kita sudah siap, karena kalau tidak kita akan di tinggalkan," ujarnya.

Saat ini, menurut Edarwan para pelaku ekonomi kreatif mengalami dampak Covid-19.

"Data formal saja tadi 2200, tetapi data yang ada di kantor kita kemarin sudah 5 ribu lebih yang kolep. Tapi perkiraan kita di sektor ekonomi kreatif bisa 20 ribu pelaku usaha berimbas," jelasnya.