Pembangunan Jembatan Pulau Pasaran Tahap Kedua Dilanjutkan Bulan Depan

Jembatan penyeberangan Pulau Pasaran/Ist
Jembatan penyeberangan Pulau Pasaran/Ist

Pembangunan jembatan penyeberangan Pulau Pasaran, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung akan dilanjutkan tahap kedua bulan depan.


"Saat ini masih lelang, kisaran bulan 6 sudah jalan untuk tahap kedua," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung, Iwan Gunawan, Jumat (20/5). 

Menurutnya, ditahap kedua akan dilakukan pembangunan lantai atau dinding jembatan, dengan pagu anggaran yang disiapkan yakni Rp1,5 miliar.

"Sebelumnya tahap pertama yakni penanaman tiang pancang dengan pagu anggaran Rp2,3 miliar. Lalu dilanjutkan tahap kedua Rp1,5 miliar," ujarnya. 

Iwan Gunawan berharap pembangunan penyeberangan Pulau Pasaran dapat segera diselesaikan, sehingga lalu lintas tidak terganggu saat banjir rob. 

Sebelumnya, banjir rob masih menggenang Pulau Pasaran. Banjir mencapai 1 meter atau setinggi perut orang dewasa. 

Warga setempat, Toto Harianto mengatakan banjir rob telah berlangsung selama lima hari, dari pukul 05.00-11.00 WIB. Lalu akan banjir lagi pada malam hari, tepatnya setelah bada Magrib. 

"Ini masih tergenang. Tidak hanya di jembatan namun juga sampai pemukiman warga. Hampir 50 persen pemukiman warga tergenang," kata Toto Harianto, Selasa (17/5). 

Menurutnya, banjir rob cukup mengganggu aktivitas warga, bahkan kegiatan pembelajaran sekolah dasar di dalam Pulau Pasaran dihentikan sementara. 

"Siswa yang sekolah di luar harus menggunakan perahu untuk menyeberang. Bahkan ada juga yang digendong," ujarnya.