Pembangunan Kantor Pengadilan Agama Pesawaran Dimulai

Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Pengadilan Agama Pesawaran/ Rama
Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Pengadilan Agama Pesawaran/ Rama

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pengadilan Agama (PA) Gedong Tataan, di Komplek perkantoran Pemkab Pesawaran. 


Menurut Dendi, selama berdiri Pemkab Pesawaran terus melakukan pembangunan menyeluruh di berbagai bidang. Termasuk peletakan batu pertama pembangunan kantor Pengadilan Agama

"Beberapa tahun lalu, saya masuk ke sini belum ada kawannya sama sekali, Polres belum ada, Kejari belum ada, yang lain-lain juga belum ada, namun dengan usaha dan kerja keras kita semua, akhirnya satu persatu instansi vertikal mulai hadir di Pesawaran," kata Dendi, Kamis (30/6).

Dikatakannya, pembangunan kantor PA yang representatif merupakan wujud nyata peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang datang dalam rangka mencari keadilan.

"Dengan hadirnya gedung baru ini, diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik, karena area pelayanan seperti PTSP dan Ruang Tunggu sidang tentunya dapat menjadi lebih representatif pula," ujar dia.

"Saya berharap agar kantor PA bukan hanya menjadi tempat perceraian, tapi harus dapat menjadi tempat memberikan keadilan bagi kedua belah pihak yang tengah berselisih dengan mengutamakan musyawarah, kemudian gedung baru ini memberikan semangat baru dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pesawaran," kata dia.

Sementara, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Pelmizar, mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Pesawaran yang sudah memberikan hibah lokasi pembangunan kantor Pengadilan Agama Gedong Tataan. 

"Dengan diberikannya hibah tanah untuk pembangunan gedung ini, merupakan bentuk nyata hubungan yang baik antara pemerintah daerah dan PA, semoga kedepannya hubungan ini terus terjalin guna memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mencari keadilan," kata Pelmizar.

Ia berharap, dengan dibangunnya gedung ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. 

"Gedung yang akan dibangun ini saya melihatnya cukup besar, namun saya berharap meskipun besar gedungnya tidak ada permasalahan yang besar akan masuk ke gedung ini, karena lebih baik kan apabila tidak ada permasalahan, tapi PA juga tidak diperbolehkan untuk menolak masalah," ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengadilan Agama Gedong Tataan Nadimin mengatakan, pembangunan gedung ini akan dibangunkan menjadi dua tahap, tahap pertama tahun 2022 dan tahap kedua pada tahun 2023.

"Bangunan ini akan dibangun dilahan seluas 1800 meter persegi lahan hibah dari Pemkab Pesawaran, dan rencananya gedung ini akan dibangun menjadi dua lantai, semoga tahun depan kita sudah menempati gedung baru kita," pungkasnya.