Pemetaan BPBD Lampung, 9 Daerah Rawan Banjir, 12 Rawan Longsor

Rumah tertimpa longsor di Kemiling Bandar Lampung beberapa waktu lalu/Ist
Rumah tertimpa longsor di Kemiling Bandar Lampung beberapa waktu lalu/Ist

Pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ada 9 daerah di Lampung rawan bencana banjir dan 12 daerah lainnya rawan longsor. 


"Berdasarkan data prakiraan potensi bencana dari BMKG ada sembilan daerah yang berpotensi mengalami banjir dan 12 daerah lainnya tanah longsor," Kata Kepala BPBD Provinsi Lampung, Rudy Syawal Sugiarto dikutip dari Antara, Rabu (12/11).

Adapun daerah rawan banjir meliputi Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Utara, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Way Kanan lalu Kota Bandar Lampung.

Kemudian, untuk daerah rawan tanah longsor yaitu Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara.

Lalu, Kabupaten Pringsewu, Pesawaran, Tanggamus, Waykanan, Kota Metro, dan Kota Bandar Lampung.

"Dengan memperhatikan data tersebut maka kesiapsiagaan dari pihak BPBD akan terus dilakukan, misalnya dengan menjalin komunikasi dan koordinasi dengan satuan yang ada di kabupaten/kota," jelasnya.

"Buakn hanya itu kita juga akan menyiapkan dan mengadakan sosialisasi tentang persiapan tempat evakuasi yang aman dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat," tambahnya.