Pemkab Pastikan Persiapan Pilkades di Pesawaran Sudah 100 Persen

Kadis PMPD Pesawaran Zuriadi/ Rama
Kadis PMPD Pesawaran Zuriadi/ Rama

Pemerintah Kabupaten Pesawaran paastikan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak telah mencapai 100 persen.


Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) Zuriadi.

Sampai saat ini pihaknya masih melakukan pemantauan di masa tenang kepada 37 desa yang akan mengikuti Pilkades pada 17 November 2021 mendatang.

"Saat ini kan tahapan memasuki masa tenang, kami sudah berkoordinasi dengan panitia tingkat desa dan kecamatan, agar selalu mengawasi pergerakan para calon untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, hal ini agar pelaksanaan Pilkades tetap berjalan dengan aman, nyaman, dan damai," kata Zuriadi, Senin (15/11). 

Ia mengatakan, dari 37 desa yang mengikuti Pilkades terdapat 137 calon yang akan bertarung pada pesta demokrasi di tingkat desa tersebut.

"Kalau dari 37 desa tersebut tidak ada desa yang calon kepala desa yang melawan kotak kosong ataupun suami istri yang sama-sama mencalonkan diri, semua memiliki lawan, dan ada 24 incumbent (petahana, Red) yang mencalonkan diri kembali pada Pilkades tahun ini," ujarnya.

"Saya mengimbau kepada seluruh calon, agar dapat mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan seperti saat ini yang memasuki masa tenang, seluruh calon harus menghentikan segala kegiatan yang masuk dalam kategori kampanye, kemudian karena pelaksaan Pilkades tahun ini di tengah pandemi para calon harus mengedepankan prokes, sehingga pelaksanaan ini tidak menimbulkan klaster baru penyebaran virus corona," timpalnya.

Kemudian, untuk pengamanan, Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Polri dan TNI yang akan menurunkan anggota untuk pengamanan pelaksanaan Pilkades, dibantu dengan Satpol PP dari Pemkab Pesawaran dan juga Linmas yang disiapkan panitia Pilkades di tingkat desa. 

"Kalau untuk skema pengamanannya sudah kita bahas semua saat simulasi pengambilan suara di Polres Pesawaran beberapa waktu lalu, namun kalau untuk jumlah anggota yang diturunkan saya belum tau," kata dia.

Diketahui pelaksanaan Pilkades serentak di 37 desa yang ada di Kabupaten Pesawaran akan dilaksanakan pada tanggal 17 November 2021 mendatang, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang telah diatur oleh DPMPD.