Pemkab Segera Distribusikan Bibit Bawang Merah di Sukadadi Gedong Tataan

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona/ Rama
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona/ Rama

Pemkab Pesawaran segera distribusikan bibit unggul bawang merah untuk ditanam kelompok tani (Poktan) di Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan.


Hal itu disampaikan Bupati Dendi Ramadhona saat melihat petani panen bawang merah seluas 2 hektar di Desa Sukadadi Kecamatan Gedong Tataan beberapa waktu yang lalu.

"Kalau kita lihat hasil panen bawang merah yang ditanam ini hasilnya bagus dan menurut petani tadi beratnya maksimal," kata Dendi, Selasa (21/6).

Dikatakannya, kedepan berdasarkan usulan para kelompok tani (Poktan) desa setempat lebih membutuhkan bibit bawang merah varian Bima Jokowi. Pengadaan bibit terkendala dengan modal (keuangan, Red), mengingat pengolaham lahan telah mengeluarkan banyak biaya.

"Segera kita akan berikan bantuan bibit bawang merah. Nah yang sekarang ditanam kan bibit varian Bima Jokowi dan nanti kalau saya yang kasih bibit, bisa dong diberi nama Bima Dendi," ujarnya sembari bergurau.

Menurutnya, bibit bawang merah tersebut nantinya akan diberikan melalui kelompok tani (Poktan) setelah diusulkan melalui penyuluh pertanian dengan diverifikasi Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran.

"Silahkan dibuatkan proposal usulan apa yang jadi kebutuhan. Dibuat per kelompok ya, sehingga mudah dilakukan pendampingannya. Nanti kami bantu bibit bawang merah yang bagus dan mudah-mudahan kedepan Kabupaten Pesawaran menjadi sentra bawang merah," timpalnya.

Sementara, salah seorang petani bawang merah Elly mengatakan, menyampaikan terima kasih atas perhatian Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang telah merespon usulan para petani bawang merah di desanya.

"Alhamdulillah pak Bupati, terima kasih atas dukungannya, semoga pak Bupati selalu sehat dan terkabul segala hajatnya. Insya Allah bibit yang diberikan nanti menjadi modal ekonomi keluarga kami yang berkah untuk menunjang kehidupan ekonomi keluarga yang lebih baik," kata Elly.

Ia mengatakan, para petani di desa setempat menanam bawang merah dengan mendatangkan petani profesional dari Kabupaten Brebes Jawa Tengah sebagai tutor.

"Iya, kalau kami belum banyak pengalaman sebagai petani bawang merah. Kami didampingi petani profesional dari Brebes. Nah setelah dilakukan pemeriksaan kondisi tanah dan sumber air, kalau menurutnya bagus maka dilakukan penanaman bawang merah varian Bima Jokowi, dan Alhamdulillah hasilnya bagus, berat biji kandungannya cukup berat, dan harga juga ketemunya bagus," pungkasnya.