Pemkab Tanggamus Beri Pelatihan Penguatan Program Pamsimas

Pelatihan penguatan Program Pamsimas/ Nurul Ikhwan
Pelatihan penguatan Program Pamsimas/ Nurul Ikhwan

Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengadakan pelatihan penguatan pemerintahan desa dan kecamatan dalam program Pamsimas III 2021 di Hotel Regency Pringsewu, Minggu (31/10).


Kegiatan berlangsung selama empat hari sampai Rabu (3/11) diikuti oleh 136 orang dari unsur pemerintah pekon dan 20 orang dari unsur kecamatan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus, Arpin mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan langkah awal untuk mendorong keberlanjutan program dan target universal akses air minum dan sanitasi di pekon dalam program Pamsimas di Kabupaten Tanggamus. 

Selain itu, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta tentang program Pamsimas. Baik dalam hal kewenangan pekon, tatacara kerjasama antara pekon, kader AMPL, KKM dan KPSPAMS. Termasuk integrasi PJM proAksi dan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) dalam dokumen perencanaan dan penganggaran pekon.

"Untuk itu diperlukan penguatan kapasitas pemerintah desa dan kecamatan dalam menjalin kerja sama untuk mewujudkan capaian 100% akses air minum dan sanitasi di Tanggamus," kata Arpin. 

Ketua Panita Program Pamsimas 3 Tanggamus Anton menambahkan, sarana yang sudah terbangun selama program Pamsimas dari 2014-2021, nantinya akan dikelola oleh Kelompok Pengelola Sarana Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) di masing-masing pekon penerima program.

Adanya pelatihan ini diharap terbentuk komitmen peserta untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi yang selama ini sudah berjalan.

'Salah satunya melalui kerja sama pekon serta terbentuknya rencana tindak lanjut pemerintah pekon dan kecamatan dalam mewujudkan kerja sama untuk kegiatan air minum dan sanitasi," katanya.