Pemkot Bandar Lampung Akan Beli 27 Truk Sampah Baru Tahun Depan

Kepala DLH Bandar Lampung, Budiman/Tuti
Kepala DLH Bandar Lampung, Budiman/Tuti

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung akan menganggarkan Rp15 miliar untuk pembalian armada pengangkut sampah. Hal tersebut dilakukan karena puluhan truk sampah dalam kondisi tak layak pakai. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandar Lampung, Budiman P Mega mengatakan Pemkot akan membeli 27 kendaraan baru untuk mengangkut sampah. 

"Dianggarkan Rp15 miliar untuk membeli 27 kendaraan baru. Anggaran akan masuk pada APBD tahun 2023," kata Budiman P Mega, Kamis (11/8). 

Menurutnya, DLH Bandar Lampung telah mencatat jumlah kendaraan yang dimiliki, yakni 112 truk sampah, 33 amrol, 74 dumb truk dan 5 tangki air. 

"Truk sampah baru ini akan ditempatkan di kelurahan dan kecamatan, sehingga mobilitas sampah bisa lebih cepat untuk diangkat ke TPA Bakung," ujarnya. 

Budiman berharap perusahaan swasta maupun BUMN dapat membantu Pemkot Bandar Lampung dalam pengadaan truk sampah melalui CSR. 

"Kami juga berharap perusahaan juga ikut membantu, seperti hari ini PT Bukit Asam menjanjikan untuk memberikan bantuan  truk sampah," jelasnya.