Pemkot Bandar Lampung Telah Usulkan Bangun Dua Rusunawa ke Kementerian PUPR

Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah/ Tuti
Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah/ Tuti

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandar Lampung mengaku telah mengusulkan pembangunan dua unit rusunawa ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 


Kepala Bappeda Kota Bandar Lampung, Khaidarmansyah mengatakan dua unit rusunawa tersebut direncanakan akan dibangun di Sukarame dan Ketapang. 

"Kapan pembangunannya bertanggung anggaran yang ada di Kementerian PUPR, mungkin tahun 2022. Tapi kita sudah mengajukan proposal untuk pembangunan rusunawa di Kota Bandar Lampung," kata Khaidarmansyah kepada Kantor Berita RMOLLampung, Sabtu (6/11). 

Menurutnya, dua unit rusunawa dengan lima lantai tersebut diperuntukkan bagi aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat Kota Bandar Lampung yang tidak memiliki rumah. 

"Kalau di daerah Ketapang itu diperuntukkan bagi masyarakat buruh dan nelayan yang ada di pelabuhan. Sebelumnya kita sudah ada satu rusunawa disana tapi sepertinya kurang, ada lagi satu rusunawa di Keteguhan," ujarnya. 

Sementara, wacana Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana yang akan membantu rumah subsidi, Khaidarmansyah mengaku masih bingung mencari tanah, karena memang aset tanah Kota Bandar Lampung terbatas. 

"Saya belum tahu gambarnya seperti apa, karena kita juga harus menyiapkan lahan. Biasanya rumah subsidi inikan perusahaan swasta yang mengembangkan, misalnya swasta punya tanah dan dibangun perumahan nanti disubsidi oleh pemerintah biaya cicilan dengan bunga 0 persen," jelasnya.