Pemprov Lampung Keluarkan Surat Edaran Larangan Keluar Negeri Bagi ASN

Surat Edaran gubernur Lampung/Ist
Surat Edaran gubernur Lampung/Ist

Setelah ER, Kabid di Dinas Perkebunan (Disbun) Lampung yang melakukan pelesiran ke luar negeri, pemerintah provinsi (Pemprov) menerbitkan aturan tentang ASN dilarang bepergian guna mencegah terjadinya penularan virus Omicron.


Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 055/0299/07/2022 yang ditandatangani pada tanggal 14 Januari 2022 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Ke Luar Negeri Bagi Aparatur Sipil Negara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota Pada Masa Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto mengatakan, bahwa pejabat Provinsi Lampung atau ASN tidak diperbolehkan untuk keluar negeri. 

"Apabila ada yang melanggar pasti akan ditindak lanjuti dan akan mendapatkan saksi hukuman sesuai Perundangan dan Peraturan yang berlaku," katanya, Senin (24/1).

Kemudian, bagi ASN yang melakukan perjalanan keluar negeri tanpa izin dan rekomondasi Kementerian Dalam Negeri maka akan diberikan hukuman disiplin sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Aturan tersebut ada pada Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemda dan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2017 Tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah," ujarnya.

"Berdasarkan instruksi Presiden dalam rapat terbatas Minggu 16 Januari 2022 meminta agar seluruh masyarakat dapat membatasi diri untuk berpergian keluar negeri. Dan hanya kegiatan yang bersifat sangat esensial saat pergi keluar negeri," tutupnya.