Pemprov Lampung Usulkan Sejumlah Nama Pj Bupati

Kabag Kerjasama, Pejabat Negara, dan Legislatif Pemprov Lampung, Koharuddin/ Ist
Kabag Kerjasama, Pejabat Negara, dan Legislatif Pemprov Lampung, Koharuddin/ Ist

Kemendagri telah mengantongi sembilan nama calon Penjabat (Pj) Kepala Daerah di Provinsi Lampung yang akan habis akhir masa jabatan pada 22 Mei 2022.


Dari sembilan nama tersebut yang muncul ke publik yakni nama Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung Adi Erlansyah sebagai Pj Bupati Pringsewu menggantikan Sujadi serta wakilnya Fauzi.

Lalu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar sebagai Pj Bupati Mesuji Saply dan Haryati Cendralela (Wakilnya).

Kemudian Kepala Dinas Pengairan dan Sumber Daya Air (SDA) Budi Darmawan sebagai Pj Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggantikan Umar Ahmad dan wakilnya Fauzi Hasan.

"Saya hanya bisa menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyampaikan nama-nama yang diusulkan oleh gubernur kepada Kemendagri untuk menjadi Pj bupati di tiga kabupaten tersebut," kata Kabag Kerjasama, Pejabat Negara, dan Legislatif Pemprov Lampung, Koharuddin, Sabtu (7/5).

Ia mengaku memang ada sembilan nama yang diusulkan jadi Pj Bupati dan berasal dari Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan pemerintah Provinsi Lampung.

Namun, untuk nama lengkap dan pastinya dirinya enggan menyebutkan karena bukan kewenangan pihaknya.

"Dan nama itu akan disebutkan oleh gubernur atau pihak yang berwenang. Saya hanya bisa menyampaikan prosesnya atau gambaran terangnya kalau sudah ada surat keputusan (SK)," ujarnya.

Selain tiga kabupaten tersebut, ada dua kabupaten lain yang masa jabatan kepala daerahnya akan berakhir di bulan Desember yakni Kepala Daerah Lampung Barat Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin dengan akhir masa jabatan 11 Desember 2022.

Kelima, Kepala Daerah  Tulang Bawang Winarti dan wakilnya Hendriwansyah akhir masa jabatannya jatuh pada 18 Desember 2022.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar terkait namanya diusulkan menjadi Pj Bupati Mesuji belum merespon.