Pemuda Muslim Dunia Menolak Tegas Al Quds Sebagai Ibukota Israel


RMOL.International Moeslem Youth Conference on Palestine and Al Aqsha (Konferensi Pemuda Muslim Internasional untuk Pembebasan Al Aqsha dan Palestina)  melahirkan sepuluh pernyatan sikap tentang Palestina dan Masjid Al Aqsha.
Sepuluh butir Deklarasi Lampung├óÔé¼┬Ø yang dikumandangkan Selasa, 1 Mei 2018 itu menekankan arti pentingnya persatuan para pemuda agar mempermudah strategi perjuangan pembebasan Masjid Al Aqsha dan tanah Palestina dari kolonialisme Israel dan sekutunya.
Dalam konferensi yang berlansung di Balai Keratun, Komplek Kantor Gubernur Provinsi Lampung yang dihadiri peserta dari 17 negara itu melahirkan sepuluh butir Deklarasi Lampung├óÔé¼┬Ø tentang Palestina dan Masjid Al Aqsha. Berikut sepuluh point deklarasi:
1. Al Quds (Jerusalem) adalah ibukota abadi Negara Palestina.
2. Pembebasan Al Quds (Jerusalem), Masjid Al Aqsha dan rakyat Palestina dari belenggu penjajahan adalah kewajiban kolektif umat Islam di seluruh dunia yang digariskan oleh Allah Subhanahu wataala dan seharusnya dilaksanakan melalui gerakan yang bersatu padu di bawah kepemimpinan yang mengikuti jejak Kenabian.
3. Pemuda muslim adalah bagian kokoh umat Islam yang harus menjadi garda terdepan dalam perjuangan membebasan Al Aqsha dan rakyat Palestina.
4. Pemuda muslim di seluruh dunia harus menyatukan langkahnya sebagai inisiatif nyata untuk mewujudkan kesatuan ummat menuju terbebaskannya Al Aqsha dan Palestina.
5. Menegaskan bahwa masjid adalah pusat pergerakan pemuda dan mihrab sebagai titik awal kebangkitan.
6. Mendukung keteguhan bangsa Palestina serta menguatkannya dengan berbagai cara.
7. Kami menyeru untuk membentuk konsorsium internasional bagi pemuda Muslim internasional sebagai wadah gerakan pemuda untuk membebaskan Al Quds dan Palestina. Konsorsium ini merupakan badan tingkat dunia yang secara aktif membangun komunikasi dan kerjasama antara pemuda Muslim secara individu atau organisasi dan menghimpun berbagai potensi kepemudaan sebagai kekuatan utama untuk meraih kembali kejayaan Islam dan Muslimin.
8. Kami menyatakan penolakan tegas terhadap penetapan Al Quds sebagai Ibukota Israel dan kami menyeru masyarakat Islam untuk melawan keputusan Amerika yang semena-mena atas pemindahan kedutaan besarnya ke Al Quds.
9. Kami menyatakan dukungan atas gerakan massal kembali ke tanah air Palestina (great return march) dan kami menuntut penghentian blokade terhadap Jalur Gaza.
10.Kami bertekad menjadikan Al Quds sebagai tempat penyelenggaraan konferensi pemuda sedunia pada tahun 1443H/2021M.[don]