Pemutakhiran DPB, Jumlah Pemilih di Pesawaran 313.272 Orang

Berita acara rakor pemutakhiran DPB Pesawaran/ Rama
Berita acara rakor pemutakhiran DPB Pesawaran/ Rama

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran melakukan rapat koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Periode Tri Wulan II tahun 2022.


Dikatakan Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino diwakili anggota komisioner bidang Divisi Hukum dan Pengawasan M. Warsito, tujuan penyelenggaraan DPB adalah untuk mendapatkan input (masukan) dari instansi terkait mengenai data pemilih. 

"Selain itu tujuan diselenggarakannya DPB ini untuk memelihara, memperbaharui, dan mengevaluasi, daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu atau pemilihan terakhir secara terus menerus dan berkelanjutan, sebagai penyusunan DPT Pemilu atau pemilihan serentak 2024 mendatang," kata Warsito, Jumat (1/7).

Sementara, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi Dody Afriyanto menjelaskan, kegiatan Rakor DPB ini merupakan amanah UU No.7 tahun 2017 yang dipertegas di dalam pasal 204 ayat (1) dan merupakan ikhtiar KPU Pesawaran untuk dapat memutakhirkan data pemilih secara berkelanjutan supaya data pemilih di Kabupaten Pesawaran lebih baik, lebih berkualitas, serta akurat. 

"Forum koordinasi DPB ini juga merupakan tindak lanjut dari PKPU No.6 tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan," kata Dody.

Menurutnya, untuk Periode Tri Wulan II, KPU Pesawaran merekap dan menetapkan jumlah data pemilih berkelanjutan sebanyak 313.272 pemilih, yang tersebar di 1.021 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 144 Desa/Kelurahan yang ada di 11 Kecamatan di Kabupaten Pesawaran sebagaimana yang tertuang dalam isi Berita Acara Nomor: 54 /PL.01.2-BA/1809/2022.

"Adapun rincian data yang dimutakhirkan meliputi jumlah data pemilih baru sebanyak 321 pemilih, data pemilih yang tidak memenuhi syarat sebanyak 6.314 pemilih, dan jumlah ubah elemen data pemilih sebanyak 6.977 pemilih," timpalnya.

Ia berharap kepada semua peserta Rakor DPB agar dapat terus membantu dan menyukseskan penyelenggaraan DPB serta dapat turut menyosialisasikan Aplikasi Lindungihakmu yang dapat di download melalui play store dan di Install di handphone android. 

"Aplikasi Lindungihakmu merupakan aplikasi alat bantu KPU yang berfungsi untuk mengecek apakah nama kita sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum," pungkasnya.

Diketahui, Rakor DPB dihadiri anggota komisioner KPU Pesawaran beserta undangan peserta Rakor DPB. Tampak hadir Kabid yang membidangi Data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil Pesawaran, Bawaslu Pesawaran, Partai Politik, Camat se-Kabupaten Pesawaran dan stakeholder terkait lainnya.