Pendaftaran Parpol Dimulai, KPU-Bawaslu Bandar Lampung Bedah PKPU No 4 Tahun 2022

Bedah PKPU No 4 Tahun 2022 di Bawaslu Bandar Lampung / istimewa
Bedah PKPU No 4 Tahun 2022 di Bawaslu Bandar Lampung / istimewa

Tahapan pendaftaran partai politik bakal calon peserta Pemilu Serentak 2024 mulai dilaksanakan KPU RI pada hari ini hingga 14 Agustus mendatang.


Untuk itu, KPU bersama Bawaslu Kota Bandar Lampung menggelar Bedah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2024 di Ruang Sidang Bawaslu setempat, Senin (1/8).

Ketua KPU Bandar Lampung Dedy Triadi, seluruh Komisioner, Sekretaris dan Kasubag KPU disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Bandar Lampung Candrawansah dan jajaran.

Candrawansyah mengatakan, bedah PKPU No 4 Tahun 2022 ini dilakukan untuk menyamakan persepsi, sekaligus sinergitas dua lembaga penyelenggara pemilu.

"Diharapkan sinergi hubungan kelembagaan terbangun sehingga kesamaan sudut pandang pada regulasi yang ditetapkan dapat berjalan dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Bandar Lampung Fery Triatmojo menambahkan, secara Teknis proses pendaftaran parpol dilakukan di tingkat pusat hinga verifikasi administrasi dan faktual di tingkat kota.

"Jadi walaupun pendaftaran terpusat, tapi di kota juga akan ada verifikasi yang akan dilakukan oleh KPU dan diawasi oleh Bawaslu," katanya.