Pengerahan Masyarakat ke Lokasi Vaksinasi Jadi Kendala di Pesawaran

Kepala Dinas Kesehatan Media Apriliana/ Rama
Kepala Dinas Kesehatan Media Apriliana/ Rama

Pengerahan masyarakat menuju lokasi pelayanan vaksinasi, menjadi faktor kendala yang dihadapi Pemkab Pesawaran dalam percepatan vaksinasi. 


Menurut Kepala Dinas Kesehatan Media Apriliana, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan para Camat dan Kepala Desa (Kades) yang ada di Kabupaten Pesawaran, agar membantu pengerahan masyarakat untuk mengikuti kegiatan vaksin.

"Selama ini kan tidak ada pengarahan itu, makanya kami meminta bantuan para Camat dan Kades, agar mereka ikut membantu mengantar masyarakat menuju titik lokasi pelayanan vaksin," ujar Nana, Selasa (9/11). 

"Karena kita ketahui, masyarakat ini kan ada yang tidak memiliki kendaraan, ada yang berkebun, ada yang bekerja, disini lah peran Camat dan Kades untuk membantu masyarakat memberikan pemahaman akan pentingnya vaksin ini dengan membantu mengantarkan masyarakatnya," sambungnya.

Dikatakannya, untuk tenaga medis yang ada di Pesawaran tentunya siap melaksanakan vaksinasi dan juga stok vaksin saat ini cukup untuk mengejar target vaksinasi dari Kemenkes RI.

"Kalau tenaga medis kita siap semua, saat ini para UPT Puskesmas sedang melakukan kegiatan vaksinasi di desa-desa insyaallah Rabu (10/11) besok capaian vaksin kita sudah 40 persen, sedangkan untuk stok vaksin kita kemarin baru mendapat kiriman dari Pemprov cukuplah," timpalnya.

Ia berharap, dalam percepatan vaksinasi di Bumi Andan Jejama ini ada dukungan dari seluruh kalangan, baik TNI, Polri maupun para Camat dan Pemerintah Desa.

"Tentu kita tidak bisa bekerja sendirikan, perlu bantuan semua pihak, hal ini bertujuan untuk percepatan vaksinasi di Pesawaran, kemudian untuk masyarakat juga harus dipahami saat ini vaksin menjadi cara terbaik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 selain protokol kesehatan yang saat ini sedang kita terapkan sejak dua tahun lalu," pungkasnya.