Berbau Politis, Penutupan Kawasan Wisata Pesawaran

Mutun/Foto RMOLLampung
Mutun/Foto RMOLLampung

Elia Sunarto, staf Town Pantai Mutun, mengatakan kabar penutupan sementara lokasi wisata oleh Sekab Pesawaran Kesuma Dewangsa jangan sampai berbau politis.


"Jangan gara-gara ada calon bupati yang salah satu program kampanyenya berwisata ke pantai, kawasan wisata ditutup sementara alasan pandemi Covid-19," katanya.

Apalagi, saat ini, pemerintah pusat justru tengah berusaha membangkitkan kembali kawasan wisata dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Di sektor pariwisata, masyarakat banyak yang menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata, pedagang, jasa kapal, penyewaan ban, hingga tukang parkir dan kebersihan.

Apa betul, katanya, zona orange Covid-19 Kabupaten Tanggamus semata akibat lokasi wisata yang katanya menjadi klaster baru dalam penyebaran Covid-19?

Menurut Elia, ada aparat kepolisian yang mengatakan kepadanya tak bisa menindak kawasan wisata yang tetap buka karena belum ada surat dari Sekab Pesawaran.

Elia Sunarto mengatakan pihaknya juga belum memeroleh surat resmi penutupan lokasi wisata terkait zona orange Covid-19 dari Sekab Pesawaran.

"Hingga kini, kami belum memeroleh suratnya, baru dengar-dengar," katanya kepada Kantor Berita RMOLampung, Minggu malam (27/9).

Sebelumnya, Sabtu (26/9), Sekdakab Kesuma Dewangsa, mengatakan harus ditutup seluruh lokasi wisata yang ada di kabupaten tersebut sejak Kamis (24/9).

Timses dari salah satu pasang calon bupati Pesawaran bernomor 1, M.Nasir-Naldi memberangkatkan ratusan ibu-ibu dari beberapa kecamatan ketempat wisata.

Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, SIK, MH mengatakan Peraturan KPU (PKPU) No. 13 Tahun 2020 yang mengatur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama tahapan Pilkada Serentak 2020.

Dalam peraturan itu, rapat terbatas maksimal 50 orang dengan memperhatikan protokol kesehatan. Jika lebih dari itu, wewenang Bawaslu, katanya.

Karena katanya, Bawaslu hingga Gakumdu punya kewajiban dalam hal itu, saat Deklarasi kedua paslon kemarin, salah satunya mentaati protokol kesehatan.