Penghargaan Bagi Petani Kopi Lampung Lewat Uji Cita Rasa

Penghargaan kepada petani kopi/Ist
Penghargaan kepada petani kopi/Ist

PT Asia Makmur memberikan penghargaan Apresiasi Petani Kopi Robusta III Tahun 2021 atas kinerja Petani Kopi Robusta Lampung.


Apresiasi tinggi tahunan tersebut diberikan melalui lomba uji cita rasa dan lomba kebun kopi robusta, Senin (22/11).

Pimpinan PT Asia Makmur Budi Setiawan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap kinerja petani kopi di Lampung agar selalu berproduksi menjadi petani inovatif. 

Terutama petani dari Lampung Barat, Waykanan, dan Tanggamus sebagai penghasil kopi utama di Indonesia dari Lampung. 

Selain itu, Budi juga ingin apresiasi ini juga dilakukan pemerintah daerah agar para petani mendapatkan perhatian atas jerih payahnya menghasilkan kopi berkualitas. 

Apalagi, lanjutnya, penghasilan petani yang tak menentu kerap menjadi alasan turunnya produktifitas kopi Lampung. Sehingga, diharapkan ini ikut menjadi perhatian pemerintah. 

“Kalau petani sejahtera pasti berpengaruh ke kualitas dan produktifitas kopi. Mari bersama raih kembali kejayaan kopi Indonesia di kancah internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Elvira Umihanni mengapresiasi perhatian yang diberikan terhadap petani untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi Lampung. 

Selain itu, Elvira juga mengapresiasi rencana Politeknik Negeri Lampung (Polinela) yang akan membuka jurusan perkopian untuk memunculkan petani-petani milenial. 

“Menurut hasil survey, hampir seluruh petani kopi di Lampung sudah berusia lanjut. Untuk itu, dengan adanya jurusan perkopian di Polinela diharapkan menghasilkan petani muda yang potensial," tutupnya.