Pengrajin String Art Penderita Cerebral Palsy Adakan Pameran 

Kabidhumas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad bersama Mbah Surip melihat proses pembuatan String Art/Faiza Ukhti
Kabidhumas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad bersama Mbah Surip melihat proses pembuatan String Art/Faiza Ukhti

Gallery Mbah Surip menggelar Pameran String Art dalam rangka memperingati Hari Cerebral Palsy, sedunia di El's Coffe Roastery, Rabu (6/10). 


Pameran ini bertema "Kabinet Indonesia Maju" dengan menampilkan wajah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan 29 Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. 

Total 31 gambar ini disiapkan selama tiga bulan oleh Mbah Surip, anak-anak disabilitas, keluarga disabilitas dan keluarga Candra Gallery. 

Adalah Mbah Surip, seorang seniman asal Lampung yang menekuni String Art sejak tahun 2018. Ia dan istri dikaruniai seorang putra, bernama Chandra yang didiagnosis Cerebral Palsy atau kelumpuhan otak. 

"Cerebal Palsy atau lumpuh otak ini belum ada obatnya, jadi saya berpikir bagaimana anak-anak ini bisa bergerak sedikit, dengan harapan mereka bisa berkarya," ujarnya. 

Mbah Surip mengatakan, anak-anak dengan cerebral palsy juga memiliki kelebihannya tersendiri, salah satunya bisa menekuni string art yang bahkan kesulitan dilakukan orang normal lainnya. 

"Saya sudah coba mengajarkan ke kaum milenial, karena ketemu baru satu kali, dan hasilnya 32 orang itu gagal," tambahnya. 

Dirinya juga memperkenalkan beberapa disabilitas pengrajin String Art. Di antaranya, penderita serebral palsy, Rehan Saputra (16) dari Pesawaran yang mempersembahkan satu karya dan Sinta Meliana (22) dari Kota Metro yang membuat tiga karya. 

Sementara itu, Kabidhumas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, Polda sebagai lembaga pelindung dan pengayom masyarakat sangat mengapresiasi pameran dan para pengrajin string art Lampung. 

"Kita lihat prosesnya sungguh sangat sulit, sangat teliti, tuhan memberikan kelebihan kepada anak-anak kita ini. Semoga ini menjadi semangat untuk kita semua untuk terus berkarya," pungkasnya. 

Acara ini dihadiri dan didukung oleh Polda Lampung, Dinas Pariwisata Lampung, CEO El's Coffee Elkana Arlen Riswan, Wings Group, dan Grab Food.