Penjelasan Polda Soal Oknum Satlantas Polresta Yang Kena OTT

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad/Ist
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad/Ist

Menanggapi kabar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap anggota Satlantas Polresta Bandarlampung, Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad mengatakan yang dilakukan tim gabungan adalah bentuk pengawasan kepada sentra-sentra pelayanan publik.


Menurutnya, fungsi pengawasan yang dilakukan oleh divisi Propam Mabes Polri, dan Bid Propam Polda Lampung merupakan rangkaian penjabaran program prioritas Kapolri. Yakni program ke 14 mengenai pengawas pimpinan dalam berbagai kegiatan, dan 15 tentang penguatan fungsi pengawasan. 

"Tujuannya untuk memberikan suatu pengawasan dimana mengingat Polda Lampung dan Polres jajaran sudah menandatangani zona integritas," kata Pandra, Sabtu (29/5). 

Lebih lanjut, Pandra mengatakan dengan zona integritas ini diharapkan harus bisa memberikan suatu kepastian serta harus adanya transparansi. 

"Dengan tujuan WBK (Wilayah bebas korupsi) dan birokrasi bersih melayani," ujarnya. 

Tambahnya, apabila anggota Satlantas Polresta Bandarlampung tersebut terbukti atas dugaan pelanggaran, maka bid Propam Polda metro akan melakukan audit internal. 

"Jika terbukti maka akan dilakukan audit internal berupa kinerja dan juga audit lainnya yaitu pemeriksaan secara internal. Yang dilakukan bid Propam dan bid Itwasda (Inspektorat Pengawasan Daerah)," jelasnya.