Penumpang Pesawat di Bandara Radin Inten II Tak Perlu Lagi Tes Usap PCR dan Antigen

Ist
Ist

Bandara Radin Inten II Lampung mulai Rabu (18/5) tidak lagi menerapkan syarat tes usap PCR serta antigen Covid-19 bagi penumpang atau pelaku perjalanan yang menggunakan jasa penerbangan dari bandara itu.


Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 56 Tahun 2022 terkait syarat baru penerbangan melalui Bandara Radin Inten II Lampung.

Di dalam SE tersebut disampaikan bahwa penumpang yang sudah vaksin dosis kedua dan ketiga (Booster) maka ia tidak diwajibkan untuk tes usap PCR serta antigen Covid-19.

Sedangkan, bagi penumpang yang baru menerima vaksin dosis pertama maka harus melakukan tes RT-PCR 3x24 jam atau antigen 1x24 jam.

Lalu, penumpang dengan kondisi kesehatan khusus (Komorbid) yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksin Covid-19 wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah dan wajib melampirkan hasil negatif RT-PCR 3x24 Jam atau Rapid Antigen 1x24 Jam.

Selain itu, adapula catatan penting untuk PPDN dengan usia dibawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping.

Kemudian setiap PPDN wajib menggunakan aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.

"Keputusan tersebut berlaku mulai hari ini," kata Humas Bandara Radin Intan II Lampung, Pujo Wusono, Rabu (18/5).