Penyebab Kebakaran RS Siloam Palembang Diduga Korsleting Pasca Gangguan Transmisi PLN

Petugas puslabfor Polda Sumsel mengamankan barang bukti dari ruangan RS Siloam yang terbakar, Selasa (5/7)/ RMOLSumsel
Petugas puslabfor Polda Sumsel mengamankan barang bukti dari ruangan RS Siloam yang terbakar, Selasa (5/7)/ RMOLSumsel

Tim Labfor Polda Sumsel melakukan olah TKP dan membawa sejumlah barang bukti dari ruang kebidanan poli rawat jalan Rumah Sakit (RS) Siloam Sriwijaya Palembang, tempat sumber kebakaran.


Barang bukti tersebut akan diperiksa lebih lanjut di laboratorium forensik Polda Sumsel untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran di RS Siloam Palembang.

“Kita membawa UPS, Stavolt, dan satu bungkus abu dari material yang terbakar. Pemeriksaan akan memakan waktu sekitar dua minggu, baru penyebab kebakaran dapat diketahui,” kata Kepala Subbidang Fisika Komputer Bid Labfor Polda Sumsel, Kompol Ari Hartawan, Selasa (5/7).

Kanit Reskrim Ilir Barat I, Iptu Apriansyah, menduga salah satu penyebab kebakaran yakni adanya arus pendek pada saat listrik menyala usai terjadi pemadaman akibat gangguan transmisi pada Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) Lahat-Bukit Asam.

"Ada alat USG yang membutuhkan voltase besar, sehingga saat listrik menyala kabel terbakar dan api menyambar barang di sekitarnya,” ujarnya.

Namun, kata dia, untuk mengungkap lebih jelas penyebab kebakaran, pihaknya akan menunggu hasil pemeriksaan Labfor Polda Sumsel selesai. 

"Untuk sementara seperti itu, sambil menunggu hasil pemeriksaan Labfor,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Direktur Medik dan Pelayanan RS Siloam Sriwijaya Palembang, dr Anton Suwindro mengatakan, pasca kebakaran semua pasien yang terdampak kebakaran sudah dievakuasi dan pindahkan ke ruang Poli Blastula lantai 3. 

"Saat kebakaran kami langsung menjalankan SOP yakni mengevakuasi semua pasien dan memindahkannya ke ruangan di lantai tiga,” jelasnya.

Pihaknya juga belum bisa memastikan penyebab kebakaran di RS Siloam Sriwijaya Palembang. “Belum tahu penyebabnya, apakah karena korsleting listrik atau ada penyebab lain,” tandasnya.