Peradangan Paru-Paru Karena Virus Covid-19, Prof Sunarto Harus Ditidurkan

Prof Sunarto/Ist
Prof Sunarto/Ist

Akibat pneumonia atau infeksi yang memicu peradangan pada paru-paru yang disebabkan oleh virus Covid-19, Prof Sunarto, akademisi Universitas Lampung harus dianestesia dan ditidurkan. 


"Yang dilakukan tim media rumah sakit hanya menidurkan karena tingkat stres ayah tinggi, yang mana kalau stres malah terjadi peradangan yang semakin menjadi-jadi. Sehingga dilakukan anestesia," kata Ferari Kadafi, putra ke tiga Prof Sunarto, Jumat (11/6). 

Menurutnya, proses peniduran dilakukan sebelum salat Jumat, dan terus dilakukan sampai kondisi tubuh Prof Sunarto membaik dalam mengatasi peradangan paru-paru tersebut. 

"Baru dilakukan tadi menjelang salat Jumat selesai peniduran, kalau berapa lamanya kita lihat perkembangan kondisi ayah," ujarnya. 

Ferari mengatakan jika awalnya Prof Sunarto hanya terkena tifus, namun gejala tifus tersebut menjadi pintu masuk Covid-19, sehingga tepat seminggu ini Prof Sunarto dirawat di Rumah Sakit Abdul Moeloek. 

"Ayah ini aktif sekali, mulai dari Unila, Koni, Pemprov, dan ada kawan mahasiswa yang datang kerumah untuk bimbingan. Jadi belum tahu terpapar darimana," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ferari dan keluarga minta bantuan doa kepada masyarakat Lampung untuk kesembuhan Prof Sunarto. 

"Mohon doanya untuk kesehatan dan pemulihan kesehatan beliau," ujarnya.